Rabu, 16 Oktober 2013

Bahasa Indonesia 2#


Tugas Bahasa Indonesia 2

Nama anggota kelompok :
Dewi lestari(21211958)
Muhammad Fahli Riza(24211811)
Putri Ayu Megayanti(25211636)
Kelas : 3EB11
Dosen : Tri Wahyuni Retno



Univeritas Gunadarma
2013
1. Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar ? Mengapa pula disebut fungsi utama ?
Jawabannya:
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri . Bahasa sebagai jembatan yang menghubungkan dengan manusia yang lainnya  dan  mengetahui lingkungan sekitar . Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa disampaikan dengan 2 cara yaitu melalui lisan dan melalui tulisan. Bahasa yang disampaikan melalui lisan dihasilkan oleh alat ucap manusia berupa rangkaian bunyi dan diperkuat gerakan badan untuk meyakinkan bahasa lisan yang akan disampaikan kepada pendengarnya.Selain bahasa, beberapa cara dapat dilakukan untuk membangun sebuah komunikasi seperti asap api, gendang, dan lukisan. Namun bahasa adalah sebuah cara untuk berkomunikasi yang lebih global dan luas daripada yang telah disebutkan sebelumnya, itulah mengapa bahasa merupakan fungsi dasar komunikasi.
Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu sarana penyampaian informasi kepada orang lain secara lisan maupun tulisan mengenai apapun yang ingin kita sampaikan agar orang dapat mengerti maksud dan tujuan yang kita inginkan tanpa menghindari tata bahasa yang sudah ada. Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi melalui lisan (bahasa primer) dan tulisan (bahasa sekunder). Berkomunikasi melalui lisan (dihasilkan oleh alat ucap manusia), yaitu dalam bentuk symbol bunyi, dimana setiap simbol bunyi memiliki ciri khas tersendiri. Suatu simbol bisa terdengar sama di telinga kita tapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Misalnya kata ’sarang’ dalam bahasa Korea artinya cinta, sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya kandang atau tempat.

Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama bahasaadalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media lain. Bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia bukan sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri merupakan simbol atau perlambangan.Dibandingkan dengan yang diperoleh dengan mempergunakan media lain yang  mengandung banyak kelemahannya.
2. Apa fungsi alami bahasa dan fungsi buatan! 
Jawabannya:
Bahasa artifisial atau bahasa buatan atau bahasa terkonstruksi (dikenal dengan sebutan conlang singkatan dari istilah Inggris:constructed language) oleh para penggemarnya. adalah sebuah bahasa yang kosa kata dan tata bahasanya diciptakan oleh seseorang atau sebuah kelompok kecil. Beberapa di antara conlang diciptakan untuk digunakan dalam komunikasi manusia beberapa lainnya diciptakan untuk digunakan dalam karya fiksi atau eksperimen, komunikasi rahasia, atau bahkan hanya untuk iseng saja.
"Bahasa terencana" sinonim dari conlang ini kadang digunakan untuk mengacu kepada bahasa auksiliari internasional, dan oleh mereka yang menolak istilah "artifisial" di taruh pada bahasa mereka. Orang orang yang bisa berbicara Esperanto sebagai contoh menyatakan bahwa "Esperanto adalah bahasa artifisal seperti layaknya mobil adalah kuda artifisal". Namun, istilah bahasa terencanaini jarang digunakan di luar komunitas Esperanto.
*Bahasa istilah                                                                    
Rumusannya diambilkan dari bahasa biasa yang diberi arti tertentu, missal : demokrasi ( demos dan kratein ), medan, daya, masa.
* Bahasa artificial
Adalah murni bahasa buatan atau sering disebut dengan bahasa simbolik ( bahasa berupa symbol-simbol sebagaimana yang digunakan dalam logika maupun matematika )
bahasa alami atau bahasa natural adalah suatu bahasa yang diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan (secara visual atau isyarat lain) oleh manusia untuk komunikasi umum. Bahasa jenis ini dibedakan dengan bahasa formal – seperti bahasa pemrograman komputer atau "bahasa" yang digunakan dalam kajian logika formal, terutama logika matematika – serta bahasa buatan.
*Bahasa isyarat
Bahasa isyarat dapat belaku :
Berlaku umum
Menggelengkan kepala tanda tidak setuju, mengangguk tanda setuju.
Berlaku khusus
Untuk kelompok tertentu dengan isyarat tertentu pula.
*Bahasa biasa
Yaitu bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Symbol sebagai pengandung arti dalam bahasa biasa disebut kata, sedang arti yang dikandungnya disebut makna.
3. Apa yang disebut dengan metakomunikasi?
Jawabannya:

Memahami Definisi Dan Konsep Metakomunikasi
Metakomunikasi harus kita sadari keberadaanya, hal ini penting mengingat pengaruhmeta-komunikasi yang kuat akan selalu menyertai setiap pesan.
 Metakomunikasi adalah suatu komentar terhadap isi pembicaraan dan sifat hubungan antara yang berbicara, yaitu pesan di dalam pesan yang menyampaikan sikap dan perasaan pengirim terhadap pendengar.
Konsep metakomunikasi dapat diilustrasikan sebagai berikut, Anda dapatberkomunikasi tentang semua hal yang ada di dunia - tentang meja dan kursi dimanaAnda sedang duduk didepan komputer yang sedang Anda gunakan, atau tentangbagian yang sedang Anda baca sekarang, dan bahasa yang Anda gunakan sekarang adalah bahasa pemrograman. Kita sebut saja semua ini sebagai objek komunikasi,karena Anda berbicara mengenai berbagai objek. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa Anda tidak terbatas untuk berbicara tentang objek, Anda juga bisa berbicara tentangberbicara Anda, Anda bisa berkomunikasi tentang komunikasi Anda, sehingga semuaaktivitas ini dapat disebut sebagai metakomunikasi. Dengan cara yang sama, Andapun bisa berkomunikasi menggunakan bahasa lainnya (meta-bahasa) untuk berbicaratentang bahasa dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Perbedaan antara objek komunikasi dan meta-komunikasi bukan hanya secarakeilmuan, hal itu sangatlah terlalu sederhana, oleh karena perlu diketahui bahwaperbedaan diantara kedua bentuk komunikasi tersebut sangat penting dipahami gunamenghindari berbagai kerancuan dan konflik dari berbagai interaksi komunikasiinterpersonal.
Sebenarnya, Kita menggunakan perbedaan ini setiap hari, namun tidak menyadarinya.Misalnya, ketika Kita mengirim komentar di sebuah forum jejaring sosial kepadaseseorang dengan komentar bernada sinis namun kemudian meletakkan smiley di akhir komentar. Dengan mengkomunikasikan smiley, bagi komunikan dapat dimaknai sebagai “pesan yang tidak dipahami secara harfiah, melainkan dapat dipahami bahwa dalam pesan tersebut komunikator sedang mencoba menyampaikan humor.“ Dengan demikian kedudukan smiley adalah sebagai metapesan, merupakan pesan tentangpesan.

Narasumber:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar